Master League PES 2013

oke, disiang hari ini, gue mau ngepost tentang PES 2013.
gue main di ps3 sih, grafisnya nancep bro.
bukan main pes, kalo lu ga main ML atau Master League, keyboard gue gaenak nih, kalo enter, keluarnya slash -_-

gue main pake barcelona, udah 4 musim, prestasinya:
juara la liga 3x
uefa super cup 4x
champions league 4x
spanish cup 3x
yaa, gue pernah gagal sekali di la liga, ketinggalan 10 point dari madrid, dan musim ini gue menang dengan perjuangan, karna unggul selisih gol, hehe.

 di atas tuh starting line up gue, taktik tiki taka, possesion game, masih dimotori sama xavi and iniesta.
Masalah formasi itu sesuai selera masing-masing, tapi dari setiap yang udah gue jajali, nih fungsinya:

4-4-2 (formasi standard): formasi ini mengutamakan kreativitas lini tengah dari sayap maupun gelandang tengahnya, disini ada sedikit permasalahan, antara mau maenin cmf penuh atau dia jadi gelandang pengangkut air (semacam pirlo lah), kalo kita mau taruh satu gelandang jadi dmf, otomatis cmf yang satu yang akan ngasih umpan, gue pake formasi ini, kalo lagi pake MU, tapi MU yang lama, gelandang tengah tuh scholes yang ngumpan, carrick kedalaman, nah sayap itu penting, ibaratin aja ada ronaldo sama nani disana, larinya itu, sisanya 2 pemain depan, finishing touch, umpan lambung dari sayap, kita bisa pake 1 ss dan 1 cf, itu 4-4-2 menurut gue.

4-4-2 diamond: gajauh dari 4-4-2 biasa, tapi formasi ini agak menyerang, taruh 1 amf di depan, nah kelebihan, 1 dibelakang kita bisa pake cmf, tapi yang tenaga kuda, biar bisa mundur bantu pertahanan, soalnya bermain tanpa dmf itu terlalu resiko, apalagi lawannya super star.

3-5-2(italiano formation): nah ini gue pake waktu maen world cup, kebetulan pake italia, ini formasi punya 1 jantung pemain tengah yang jadi tumpuan seni umpannya, biasanya sih kita bisa pake yang bisa jadi dmf juga, pirlo, marchisio, kalo naruh busquets jangan, busquets ga terlalu kreatif, xabi alonso, formasi ini naruh 2 pemain untuk ngejaga sih jantung itu tuh, biasanya cmf lincah, kalo di italia ada nocerino, nocerino termasuk tipe combat midfielder, yah petarung gitu, iniesta juga bisa, xavi boleh, sneijder mantep, soalnya dia punya skill long ranger, formasi ini maksa si jantung untuk bisa ngalirkan bola ke sayap-sayapnya, pake sayap yang punya skill offensive fullback kalo mau selamat pertahanan, kayak alba, bale, maggio, adriano, rafael, ashley cole, dan 2 penyerang depan ini perannya asik, tinggal shot dan jeder.

3-4-3(jarang): formasi ini jarang, ini kadang aja gue pake, waktunya udah ngulur waktu, 2 lb gue ganti sama cb dan cmf, 1 cmf geser kedepan, 1 cb buat jaga pertahanan, formasi ini biasanya buat ngulur, enak juga sih di pake buat quick attack, ini formasi terlalu mainstream buat gue, butuh kecepatan.

4-2-3-1(real madrid): formasinya om mourinho nih, pake 1 cmf dan 1 dmf di tengah, efektif ini, di depan pasang seorang amf yang kreatif, contoh: gotze, oziel, iniesta, alaron isco, kagawa, juan mata, hazard, david silva, nasri, modric, thiago alcantara, masih banyak sih, tapi itu yang menurut gue enak, 2 sayap itu jangan terlalu dimundurin, jangan kayak formasi basicnya 4-2-3-1. coba aja taktik om mou, 2 sayap itu di majuin dikit, atau gak sejajar sama amf, di depan itu, taruh yang lari cepet, atau gak body balance kuat, mantap deh. formasi ini juga cocok buat team-team yang punya seorang target man, speed and power, kayak ibra, rooney, klose, demba ba, van persie pastinya, haha, kalo pake ss, terlalu susah, untuk crossing, nanti dia gak nyampe, ronaldo lebih cocok dari pada messi, kalo soal jadi cf di formasi ini. di formasi ini, kadang amf suka bantu untuk maju, jadi ada ciri khasnya, ketika bola dibawa sama sayap, amf akan bantu cf, itulah kenapa gue bilang ini efektif.

4-3-3(tiki taka): 4-3-3 tiki taka adalah formasi favorit gue, mengandalkan 2 cb dan 2 ofb(offensive full back), lu harus punya 2 ofb yang cepet dan seengganya bisa ngasih crossing yang akurat, kayak daniel alves gitu, atau ga dia punya skill buat canon shot, mirip shotnya gerrard gitu, lurus, mendatar kenceng. Kalo di ps3 buat shot kayak gitu, ada di perfomance training. 1 dmf adalah seorang dmf murni, usahain tinggi, supaya lo menang waktu duel bola udara, dan punya skill defence yang mumpuni untuk cover cb, alexander song, de rossi, busquets, xabi alonso, fellaini, cambiasso, cocok buat ini, sekarang susah nyari dmf murni, kebanyakan cmf. 2 cmf itu haruslah cmf yang kreatif, yah banyak lah, dan 3 orang ss untuk ngobrak ngabrik lawan, harus terbiasa pake one-two pass untuk formasi ini, ss yang ditengah itu gunanya nerobos, okesip.

untuk formasi yang lain kalian bisa pelajari sendiri.
Master league pes 2013, punya kekurangan dari fifa 13, yah, gak ada fitur tukar tambah pemain, juga fitur pialanya terlalu dikit, jadi yah gitu deh, tapi soal grafis, fifa sih kalah jauh, menurut gue, gaya main fifa pun gak seperti sepak bola, lebih ke freestyle.

4 musim maen master league pake barcelona, gue udah belajar banyak, nih tips buat kalian.
- kembangkan pemain dari youth team, yang punya bintang, skill index gitu.
- biasakan loankan pemain yang jarang mendapat kesempatan, karna di team lain, kemampuan mereka bisa nambah sekiranya 2-4 satu musimnya, nambah pengalaman juga waktu mereka balik.
- jual pemain yang udah tua, tapi tua dan gak bermutu, kalo gue, gue ngejual puyol, mascherano, valdes, adriano, villa, karena faktor 1, masih ada pemain lain yang bisa berkembang, faktor 2 bek yang udah tua plus restitancenya mulai hancur, akan sering blunder, kayak puyol, jarang menang bola udara, malah puyol gue join real madrid -_-
- jangan terlalu terpaku sama pemain muda, karna OR gak menjamin performa selama dia bermain, kayak higuain gue, dia mandul, padahal udah 1 setengah musim, gak cetak gol satupun.
- beli pemain tua yang berkualitas, fungsinya biar team lu ada nama, biar ada tambahan pengalaman di team, lu juga pasti butuh skill mereka, walau 1 pemain atau 2 pemain gitu.
- beli item training di shop, untuk yang tua pake recovery trainer, supaya restitance sama yang namanya cedera, midfielder pake shoot training sama pass training, penyerang pake shoot sama dribble training.
- liat boots dari efek, bukan dari bagus model atau nggaknya.
- pake formasi yang ngeklop sama pemain, jangan nanti posisi mereka acak-acakan, ini ngaruh loh.
- beli pemain dengan potensi chance of signing 2 digit, 30% atau keatasnya.
- gunakan training focus point sesuai jenis formasi.
- pake susunan staff terbaik, gak bakal bangkrut kalo lu pinter2 beli pemainnya.
- pilih coach sesuai jenis formasi, pilih scout terbaik untuk expert team dan youth signing, jangan veteran signing.
- kalo lu ada beli 10000gp, lu beli tuh yang namanya personal trainer yang +3, tapi capek nyarinya, menurut gue itu terlalu curang, lebih baik biasa aja, train sendiri.
- kalo duit lu kurang, lu beli pemain reborn aja, cari di advanced search, di age yang paling muda, banyak tuh.
- beli juga free agent kalo emang krisis banget.

oke nih para pemain hasil train gue:
 iniesta, chelsea adalah tim yang paling sering nawar, top assist 2x in spanish cup, and top assist 4x in la liga. 4x top eleven la liga, 2x top eleven spanish cup.















 G.Perin
kiper berkebangsaan Italia.
asal tim, Genoa, atau parma deh, lupa.
gue beli waktu usia 19 tahun, transfernya murah, OR awal 80.
top GK la liga 2x.
top GK spanish cup 3x.











fabregas, cmf lincah, badannya agak berat.
ranking 2 player dibawahnya messi B)
jarang gue mainkan, karna kalah saing sama xavi.














alexis sanchez.
lincah, plus speed dan insting shootnya ngena banget, pemain yang sering gue ganti dibabak kedua, hehe.
top assist ranking in spanish cup 1x.













waduh, ini sih pemain kesayangan, muahahaha.
Lionel messi, penghargaannya banyak deh, hehe.
top scorer la liga 3x
most valuable la liga 3x
most valuable spanish cup 2x
top scorer spanish cup 2x
world footbaler of the year 4x
uefa best player 4x
top eleven la liga 4x
top eleven spanish cup 3x







Thiago alcantara
























nih pemain muda yang gua loan:

verrati, katanya sih penerus pirlo, kata tv loh.
asalnya dari psg nih, gue pinjemin ke ajax, amin ya, skillnya naek cepet dia ajax. kayaknya sih minat ajax buat permanin dia.













jonathan dos santos, punya skill clasic no. 10, gue siapin sama verrati buat gantiin xavi sama iniesta, walau gue udah punya yohan belhanda sama thiago alcantara.
on loan at: bayern munchen.













asalnya dari youth team, liat OR nya B-A-B-A.
keren kan masih muda tuh.
on loat at: sporting lisbon.

udah masuk skuat inti england.












tuh pemain gue yang ada di bench, oke nih ORnya.
butland - 80 - 20 age
muckeloak - 90 - 22 age
belhanda- 96 - 25 age
higuain -   94 - 28 age
shaqiri -    95 - 23 age
montoya - 87 - 25 age
weiser -    85 - 21 age
abidal -     71 - 17 age (pemain reborn)
nouhei -     80 - 19 age (youth team star player)
fontas -      82 - 25 age
delap  -      75 - 17 age (youth team star player)
fellaini -      95 - 28 age
pedro  -      95 - 28 age



nih focus point buat yang suka main passing:



passingnya full.
liatnya sambil main, gue lupa crop sampingnya, haha.












sepatunya, gue udah dapet semua :D












 volley kick.
nah buat trick trick gini, kalian jangan mau buat beli atau gak disuruh download bayar gitu.

kalian cek command list pas maen atau training, kalian pelajarin feint skill, new control, ingat, kesabaran adalah kunci kesuksesan, belajar aja pelan-pelan.
okeee. itu aja tips dari saya, sekian :D

fb: Yoppy Lihardy
twitter: @polepelalone
ymail: yoppy_lihardy@ymail.com
gmail: shunkeritingkece@gmail.com
selamat siang, salam semangat buat indonesia (y)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

16 komentar:

  1. terima kasih infonya, kebetulan baru suka main PES karna baru punya laptop yg speknya cukup oke... hahaha... btw thx again!

    BalasHapus
  2. gan ane mau transfer neymar ke club ane tapi persentasi(%) cuma 2% gimana dong ada tips nya gak gan?

    BalasHapus
  3. Anonim: Wah gan tuh susah ya, ane juga gitu, coba aja masukin scout list, mungkin nanti dia mau, tapi gakpasti ya, hehe. Ane juga gapernah berhasil tuh signing dia..

    BalasHapus
  4. Nunggu tua juga boleh tuh gan, siapa tau dia baru mau pindah pas tua aja, hehe.

    BalasHapus
  5. gan, ane strategi pemain ane kan meniru pelatih arsenal yaitu bermain dengan pemain muda. jadinya kalau pemain sudah di atas 30 thun mau ana jual. tapi walaupun rating mereka sudah 109 semua (paling poll) ko g da yang mau beli yach? masa klub lain g da uang buat beli pemain bintang :(

    ada solusi g?

    BalasHapus
  6. bang, boleh kasih tau susunan hire staff terbaik gak?

    BalasHapus
  7. Anonim: kalo gitu solusi dari saya, kalo anda memang mau beli pemain muda baru, ya direlease, kalo gakmau, tungguin aja, masukin transfer list.
    Faktanya: pemain yang overnya kegedean dan udah tua, jarang ada yang mau beli, kecuali starting eleven dan bagus cetak gol serta assist.

    BalasHapus
  8. Tengku: nanti saya post ya ^^

    BalasHapus
  9. Anonim:selain itu kebanayakan tim nyari pemain yang mampu dikembangkan, kalo Overall Ratingnya 109 semua apa yang mau dikembangkan? Hehehe

    BalasHapus
  10. Gw sering mo beli pemain dr klub2 besar..tp susah didapetin..gmn caranya yak?stiap gw mo beli pmain akhirnya belinya di list of target..ga ada yg bagus...huuft

    BalasHapus
  11. gan gmn seting nya biar bisa control semua pemain, kyak main career di fifa13??
    ane jarang dapat bola klo cm ngontrol pemain ane sendiri...

    BalasHapus
  12. LO PADE GAUSAH MAIN PES 2013 DEH,MAIN PES 2006 AJE DI PS2..!!

    BalasHapus
  13. AWAS!!
    ATAS ANE MAHO !

    BalasHapus
  14. Agan maen Master Leaguenya t pakek mode coach atau maen sndiri?

    BalasHapus
  15. Gan saya mau tanya kenapa asal saya beli pemain baik dari list ataupun pun ribbon pemainnya sudah berhasil didapat tpi sesaat setelah musim akan dimulai pemain saya hampir smuanya hilang
    #mohon solusinya

    BalasHapus
  16. kalu boleh kasih saran, beli pemain muda,murah dan potensial... caranya gimana? gampang banget!!
    1. pakai formasi tetap
    2. pakai strategi yang sesuai dengan formasi
    3. pilih registrasi pemain sesuai dengan formasi yang digunakan (contoh : pemain center back registrasi harus CB saja! jangan double registrasi seperti RB,RMF,RWF (3 posisi untuk 1 pemain)

    BalasHapus