Uniknya menara Eiffel..



Sepertinya kita tidak lagi asing dengan menara yang satu ini. beberapa orang mungkin pernah melihat langsung dan beberapa orang mungkin hanya masih menjadi angan - angan dan mimpi (termasuk ane gans ).

Bangunan yang tertinggi di Perancis dan menjadi simbol negara itu, "Menara Eiffel" atau lebih diberi julukan "Menara besi" kerana hampir keseluruhannya bahan buatannya adalah dari besi. Dibuat oleh arsitek hebat yang bernama "Gustave Eiffel", diberi nama Eiffel untuk mengenang Jasa arsiteknya yaitu Gustave Eiffel . Keunikan monumen ini telah memukau mata dunia dan telah memukau banyak orang hingga dikabarkan Menara yang sering dikunjungi di dunia ini telah dikunjungi sebanyak 6,428,441 wisatawan dan lebih 200 juta sejak ia dibuat

Dibuka dengan resmi pada tanggal 31 Maret 1889, Menara Eiffel yang memiliki ketinggian 300 meter (1,063 kaki) dan diatasnya terdapat 'Antena Televisi' setinggi 24 m ini memakan 2 tahun pengerjaan. Selain digunakan untuk wisatawan Menara Eiffel juga dijadikan Menara Pengamatan. Memiliki 3 lif yaitu di aras bawah, tengah dan atas.


Keadaan Menara Eiffel ketika dalam Pembangunan

Namun dibalik sejarahnya, terdapat beberapa fakta menarik yang cukup menarik, diantaranya :

1. Keliling Dunia dengan Naik Liftnya

Lif memang diperlukan untuk bangunan setinggi ini untuk mengangkut pengunjung ke atas dan ke bawah. Tahukah anda semua lif Menara Eiffel ini jika dihitung jumlah kegunaan per tahunnya adalah sama dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih dari103,000 km.

2. Terlihat Kokoh Namun Masih Bisa Digoyahkan

Menara ini bergoyang sedikit apabila hari berangin.Tetapi pada tahun 1999, angin ribut telah menyebabkan ia bergerak 13 cm dari kedudukan asalnya. Malah matahari juga bisa menyebabkan menara ini condong hingga 18 cm.

3. Dicat Dengan Cat Khusus

Menara besi ini juga diperlukan perawatan. Ia dicat setiap 7 tahun, tetapi bukan dengan sembarang cat yang digunakan,warna tembaga dengan variasi 3 tona telah dipilih kerana kombinasi 3 warna yang berbeda ini dianggap berpadanan dengan warna langit Paris. serta Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat untuk mendapatkan efek shading yang indah.Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.

4. Mendaki Anak Tangga Menara Eiffel

Sewaktu pembukaan resmi Menara Eiffel, Arsiteknya "Gustave Eiffel" mendaki 1,710 anak tangga ke puncak menara untuk memacakkan sendiri bendera Perancis.

5. Terjun & Mati dari Menara Eiffel
Spoilerfor Penampakan:

Pada tahun 1912, Franz Reichelt adalah penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut. Namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kematiannya.

6.Hitler Ingin Panjat Menara Eiffel

Selama Perang Dunia Kedua berlangsung, para tentara Perancis telah memotong kabel lift menara Eiffel. Mereka tidak ingin pihak lawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas menara Eiffel. Sehingga ketika pendudukan Nazi di Perancis, Hitler harus memanjat sendiri menara ini untuk dapat mencapai ke atas. Pada tahun 1944, lift di menara Eiffel diperbaiki sehingga pihak Sekutu mendapatkan akses bebas untuk ke atas.
from: kaskus
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar